5 Kesalahan Saat Main Ranked Mode (Push Rank) di Mobile Legends

 battle point mobile legends

 

5 Kesalahan Saat Main Ranked Mode (Push Rank) di Mobile Legends

Untuk kamu yang tier/pangkatnya masih mentok disitu-situ aja dan rasanya susah banget untuk naik ke Legend dan Mythic, mungkin bakal frustasi padahal udah main lama tapi kok cenderung stuck (bahkan turun karena kalah terus/lose streak), mungkin ada yang salah dengan cara mainmu, mungkin juga emang lagi apes/sial dapet tim yang jelek, atau memang dapet lawannya yang jago-jago, namun ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh player ML saat main ranked mode apalagi saat solo push rank (main sendiri/solo queue), inilah 5 jenis kesalahan fatal yang sering terjadi saat kita main ranked (draft pick) di Mobile Legends:
1. Maksa pake meta hero
Ini adalah kesalahan yang paling umum dan masih sering sekali ane temukan di segala tier baik Epic, Legend, maupun Mythic, yaitu maksa/ngotot pakai hero yang lagi OP (meta hero) seperti Lancelot atau Gusion padahal ga bisa makenya. Pada season 8 ini ada beberapa hero yang memang cenderung OP/kuat dan sering jadi hero auto banned, seperti:
  • Lancelot
  • Gusion
  • Johnson
  • Angela
  • Martis
  • Fanny
  • Kagura
  • Helcurt (biasanya di ban cuma untuk tumbal supaya bisa pick hero OP lain terutama Fanny)
Mungkin kamu pun sering mengalaminya, padahal udah jelas win rate hero pemainnya rendah (kalau mereka show WR) tapi tetep aja dipake meta hero tersebut (antara orangnya maksa atau emang dipaksa ama timnya sendiri), dan nanti kalau mainnya beban/cacat bakal jadi bahan nyinyiran dan bacotan 1 tim, ane sendiri biasanya kalau main selalu menyarankan “pake hero yang bisa aja”, ga perlu ngotot make hero OP atau nyuruh-nyuruh tim pake hero meta kalau mereka memang ga mau, Fanny memang OP (kalau bisa mainnya) tapi kalau yang mainnya ga bisa/ga tau cara pakainya ujung-ujungnya malah jadi sampah (Fanny darat), begitupun hero OP lain macam Lance, Gusion, Martis, dll.

Intinya pakailah hero yang memang kamu kuasai dengan baik dan jangan terlalu memaksakan pake hero meta kecuali kita memang bisa memainkannya, dan yang lebih penting lagi tetap perhatikan komposisi tim, karena ane sering ketemu tim yang cuma asal pick hero-hero bagus tapi malah ga memperhatikan keseimbangan tim dan akhirnya jadi kacau balau di permainan karena rebutan buff, rebutan mid lane, 4 orang pake Retribution, dll.
2. Ga ada komunikasi mau pick/ban apa
Padahal sistem sudah sangat mempermudah kita untuk mengkomunikasikan pada tim/teman seperti hero apa yang mau kita ambil (I want to use), saran untuk ban hero apa (suggest ban), dan terakhir sudah ada fitur swap jadi kita bisa mengambil hero yang ingin kita ambil tanpa harus nunggu antrian posisi s1-s5, dengan semua fitur ini saja masih terjadi miss komunikasi karena biasanya banyak player yang diam aja, bahkan sudah ditanya pun tetap diam dan begitu hero yang mereka mau pick udah di ban/diambil lawan malah ngoceh-ngoceh dan yang paling parah ngambek yang berujung AFK/feed di permainan.
Dimanapun posisi/urutan giliran pick hero kita (s1-s5), tidak ada salahnya kita informasikan dulu hero apa yang mau kita ambil (tinggal pencet tombol dibawah), dan kalau kita dapat kesempatan untuk ban hero pertama (yang artinya tim kita bakal pick hero duluan) kita bisa bicarakan dengan tim apakah ada yang mau (dan bisa) pick meta hero tertentu supaya kita bisa atur hero apa yang di ban sehingga hero meta tersebut bisa didapatkan oleh tim kita.
3. Terlalu banyak ngatur
Yang satu ini biasanya sering bikin tim jadi berantakan karena ada player yang banyak ngatur ini itu, seperti pick tank ini, ngatur formasi lane siapa di mid siapa di atas/bawah, atau ambil hero tertentu, dan kadang kalau timnya terlalu penurut padahal mereka ga suka pake hero tersebut malah jadi tidak maksimal di permainan, contoh biasanya ada yang suka ngatur (maksain) pake tank-tank meta (Akai, Hylos, Johnson) padahal orangnya udah bilang mau pake Balmond/Lolita namun dipaksa pake Akai/Hylos dan akhirnya dia pakai Hylos tapi mainnya jelek, nanti malah dimarah-marahin “gimana si tank cacat” atau “bisa pake Hylos ga sih” dan sebagainya, padahal mungkin orangnya lebih jago pake Balmond/Lolita.
Kalau kita ada di posisi seperti itu (dipaksa/diatur oleh tim), coba tunjukin aja win rate hero yang mau kita pake (walaupun WR sebenarnya ga menjamin kita mainnya jago, seengganya bisa jadi bahan pertimbangan orang lain), atau kita bisa bilang dulu “gw ga bisa pake hero ini”, ya intinya jangan coba-coba hero di rank (kecuali emang mau nurunin bintang) dan pakai hero yang memang sesuai dengan cara & gaya main kita, toh ane sendiri pernah ketemu tim yang pake Bane dan awalnya dikata-katain (konon kabarnya Bane itu weak/lemah padahal bagus-bagus aja untuk push turret dan bakalan OP kalau strateginya + buildnya benar) begitu main ternyata Bane nya jago banget dan bisa mendominasi permainan karena dia main quick push tower (fokus ngancurin tower).
4. Ga mau ngalah demi komposisi yang baik
Contoh komposisi cacat yang sering banget kejadian saat kita main rank/draft mode:
Dalam 1 tim ada 3 (bahkan 4 kalo timnya egois) farmer, farmer disini maksudnya hero burst damage yang spellnya Retribution seperti Karina, Harley, Moskov, dll, sehingga bakal rebutan buff, rebutan mid lane, rebutan jungle, dan jadinya tidak maksimal dalam permainan.
Tidak ada keseimbangan pada output physical dan magical damage, contoh udah tau tim kekurangan mage, malah tetap aja pake hero physic. Emang apa pentingnya balance physic/magic ini? Tujuan utamanya supaya tank musuh terbagi konsentrasi defense itemnya (kalau misalkan tim kita atributnya magic semua ini malah mempermudah tank lawan karena ia tinggal build magic def dan bakalan keras/tebal banget sehingga jadi makin susah dibunuh).
Tidak ada hero CC (crowd control), ini biasanya juga sering kejadian karena tim yang taunya cuma pake hero burst damage tanpa mempedulikan hero CC yang ada, hero CC sangatlah penting dan harus ada minimal 1 untuk membantu kita memenangkan teamfight/tim war, biasanya hero CC ini kebanyakan tank atau mage seperti Akai, Aurora, Saber, Chou, Nana, dll. Damage hero CC ini memang tidak besar/signifikan tapi kontribusinya dalam mengatur keadaan dan situasi sangat krusial untuk membawa tim pada kemenangan.
Nah biasanya 3 hal diatas harus diperhatikan, apakah tim sedang kekurangan burst damage atau atribut physic/magic atau hero CC, dan sebaiknya kita mau mengalah (kalau yang lain udah pick hero atau ga ada yang mau ngalah) untuk menyeimbangkan komposisi tim. Menurut ane pribadi penyebab utama tim kalah dalam ranked mode adalah masalah komposisi, hal yang sebenarnya basic banget tapi sering diabaikan karena ego masing-masing player.
5. Baperan
Kesalahan yang satu ini tergantung pada emosi individu masing-masing, toh namanya main ML pasti ada aja penyakit nyinyir apalagi kalau ada yang mainnya jelek (termasuk kita), dikatain dikit langsung ngambek dan AFK, diledek dikit langsung emosian dan berantem (saling bacot) sama tim sendiri, ane sendiri biasanya ga pernah chat/ngomong apa-apa kalau sedang main, kalaupun ada yang berantem mending diamkan saja (toh kalau komen cuma bikin keadaan tambah panas), mending tetap fokus main bukan fokus chat.
Kalaupun kita yang dikatain/dihina lebih baik abaikan (kalau kamu tipe yang ga tahan denger nyinyiran orang lebih baik matikan fitur chat supaya kita ga bisa liat komen orang lain) dan main seperti biasanya, siapapun playernya pasti pernah main cacat, ane juga sering main cacat dan jadi beban, bahkan pemain top/pro player pun juga pasti pernah jadi feeder dan mainnya jelek, toh dengan ngata-ngatain orang tersebut (ingat biar gimanapun itu tim kita) ga lantas membuatnya langsung jadi jago dan mendadak MVP.
Intinya jangan terlau baper dan dibawa emosi, kalau ada yang mainnya jelek ya diamkan saja (atau kasih saran tanpa menyinggung), kalau kita yang mainnya jelek tetap fokus main aja bukan fokus chat atau ngejelasin kenapa kita mainnya jelek (atau nyalahin orang lain) dan semacamnya.
Baca juga: Tips menang terus main Mobile Legends


Itulah 5 kesalahan yang sering terjadi saat kita main ranked terutama solo rank, tentu tips-tips diatas bukanlah 100% faktor penentu kekalahan/kemenangan dalam permainan, namun setidaknya dengan menjalankan tips dan menghindari kesalahan-kesalahan tersebut kemungkinan kita menang akan jauh lebih tinggi.
Semoga tips ini bermanfaat dan selamat bermain.

Comments